5 Gejala Awal Kehamilan

Saat ini mungkin Ibu sudah menunggu kehadiran buah hati setelah beberapa tahun menikah. Setiap bulan jadi hari-hari yang sangat mendebarkan, apalagi bagi Ibu yang sudah program kehamilan. Bagi sebagian besar orang, terlambat datang bulan adalah tanda kehamilan yang selalu jadi patokan hamil atau tidak. Padahal, ada banyak tanda-tanda orang hamil selain terlambat datang bulan.

Apa saja? Berikut adalah gejala awal kehamilan.

Perubahan kondisi payudara

Wanita hamil mengalami perubahan hormon pada tubuh. Hal ini mempengaruhi kondisi payudara. Di awal kehamilan, payudara akan terasa lembut bila dipegang. Seiring bertambahnya usia kandunan, payudara akan terasa lebih kencang, lebih padat, serta sensitif. Puting akan tampak sering muncul dan berwarna lebih gelap. Pembuluh darah juga lebih tampak di permukaan kulit payudara.

Sering buang air kecil

Sebagai gejala awal kehamilan, Ibu mungkin akan merasa sering buang air kecil khususnya di malam hari. Hal ini biasanya disebabkan oleh perubahan hormon. Namun pada usia kehamilan selanjutnya, kondisi ini bisa saja disebabkan oleh tekanan pada kandung kemih karena rahim yang membesar. Bukan tidak mungkin, rasa ingin buang air kecil semakin sering seiring dengan usia kehamilan.

Merasa cepat lelah

Lelah yang sangat serta sering dapat menjadi salah satu tanda kehamilan. Biasanya, gejala ini akan berlangsung selama 3 bulan pertama kehamilan. Hal ini umumnya disebabkan oleh meningkatkan kadar progesterone dan perubahan pada produksi darah, detak jantung, dan metabolisme tubuh. Ada baiknya untuk mengurangi konsumsi kafein sebagai cara mengurangi rasa lelah karena zat tersebut dapat membahayakan janin dalam kandungan apabila dikonsumsi secara berlebih.

Mual dan muntah disertai dengan pusing

Satu dari dua wanita hamil pasti mengalami mual dan muntah terutama sebulan setelah haid terakhir. Sering kali, gejala ini terjadi hanya pada pagi hari atau biasa disebut sebagai morning sickness. Namun ada juga yang merasakannya sepanjang hari. Biasanya, hal ini akibat meningkatnya asam lambung di malam hari serta naiknya kadar hormon beta-HCG. Untuk menanganinya, ada baiknya apabila Ibu mencegah perut agar tidak kosong. Air lemon atau jahe hangat akan meredakan perasaan mual tersebut.

Sensitif dengan bau

Sering kali mual disebabkan karena sensitifitas hidung wanita hamil yang lebih tajam dibanding sebelumnya. Bau-bau menyengat yang sederhana seperti bau masakan saja dapat membuat seorang ibu hamil mual dan muntah. Hal ini pada dasarnya normal terjadi dan merupakan salah satu gejala awal kehamilan.

Itulah beberapa tanda-tanda orang hamil yang paling sering terjadi selain terlambat datang bulan. Bila Ibu merasakan hal-hal tersebut, ada baiknya untuk melakukan tes kehamilan sederhana di rumah. Alangkah baiknya untuk memastikan kehamilan tersebut dengan berkonsultasi pada dokter kandungan agar hasil yang ditunjukkan lebih pasti sehingga Ibu dapat berhati-hati menjaga kandungan ini.

Cari tahu lebih lanjut pula seputar gangguan gejala hamil yang ibu alami di Enfa A+ dengan konsultasi via WhatsApp ke nomor 08777700253. Tim ahli kami siap bantu menjawab pertanyaan Ibu seputar gangguan dan gejala kehamilan setiap hari Senin – Jumat, pukul 09.00 – 17.00 WIB.