Ukuran sistem pencernaan bayi Ibu terus berkembang, perkembangan sistem pencernaan memperluas variasi makanan yang dapat dinikmati si kecil.
 

Si kecil menjadi lebih mandiri pada usia ini dan berikut adalah erkembangan penting untuk diingat:

  • Pola baru pergerakan mulut. Otot, saraf, dan perkembangan otak si kecil memungkinkannya untuk memposisikan makanan antara rahang untuk mengunyah, menumbuk makanan dengan rahang dan lidah mereka, dan melengkungkan bibir mereka di sekitar tepi cangkir. Perkembangan terkini: mengunyah dalam pola "berputar" dengan menggerakkan rahang samping.

  • Pegangan menjepit. Pada saat bayi mencapai usia perkembangan 6 hingga 8 bulan, bayi dapat mengambil makanan dengan ibu jari dan jari telunjuk dan memasukannya ke dalam mulut mereka. Saatnya untuk mendorong si kecil untuk makan sendiri. Pilihan yang baik untuk ini termasuk potongan-potongan kecil roti, irisan buah kecil yang lembut dan sudah dikupas, sayur-sayuran rebus, irisan kecil keju ringan, kue kering dan biskuit yang lembut untuk di kunyah. Ini adalah tahap yang paling merepotkan tapi juga menyenangkan -- dan penting untuk pengembangan keterampilan makan si kecil. Karena si kecil belum bisa mengunyah dengan tegas dan terkendali, hindari makanan yang kecil dan keras seperti kacang, wortel mentah, dan permen. Mengunyah juga membantu mengembangkan otot si kecil yang dibutuhkan untuk saat ia mulai berbicara ke depannya.

  • Kesempatan agar si kecil menyukai makanan yang sehat.Para ahli menjelaskan bahwa bayi yang tidak ditawarkan makanan padat pada umur 8 bulan akan menolak beberapa jenis makanan kedepannya karena bagi mereka makanan lain (selain makanan cair) tampak sulit untuk dimakan sehingga tidak baik untuk perkembangan bayi untuk kedepannya.

Warna-warna baru saat buang air besar. Makanan padat si kecil mungkin dapat mengubah poop si kecil menjadi coklat gelap, tapi jangan khawatir, warna lain selain coklat gelap bisa disebabkan oleh makanan yang baru dimakan. Poop si kecil mungkin akan kemerahan setelah si kecil memakan buah beet atau memiliki bercak berwarna biru setelah menikmati buah blueberry. Bit, jeruk atau kacang hijau yang tercerna dapat meninggalkan bintik oranye atau hijau.