Apa Sebenarnya Perbedaan Alergi Susu Sapi dengan Intoleransi Laktosa?

Beberapa orang tentu sering mengatakan bahwa alergi susu sapi itu sama dengan lactose intolerance atau intoleransi laktosa. Tapi pada kenyataannya, ternyata ada perbedaan yang cukup siginifikan diantara keduanya. Ada beberapa anak yang memang sudah terkena alergi susu sapi, sehingga dari kecil sampai hingga dewasa dirinya tidak bisa minum susu sapi. Tetapi sebaliknya, ada beberapa anak yang didiagnosa intoleransi laktosa tapi kenapa anak tersebut masih bisa minum beberapa susu sapi?

Perbedaan mendasar alergi susu sapi dengan intoleransi laktosa

Ketika seseorang sudah didiagnosa mengidap suatu alergi, konsekuensi yang harus dihadapi biasanya sangat fatal. Ada beberapa kasus yang bisa menyebabkan kematian karena tidak ada penanganan lebih lanjut. Tetapi beberapa alergi yang muncul biasanya bisa diatas dengan mudah dan bahkan ada beberapa obat yang bisa menghlangkan alergi tersebut.

Perbedaan mendasar dari alergi susu sapi dengan intolerasi laktosa adalah di dalam kandungan laktosa. Hampir semua susu mempunyai kandungan laktosa, sekitar 2 sampai 8 persen dari seluruh kandungan susu. Nah jika anak yang terkena alergi susu sapi ini berarti tidak bisa mengomsumsi laktosa sedikit pun. Tetapi sebaliknya, ketika anak ini sudah didiagnosa mengipda intoleransi laktosa, ada kalanya anak masih tetap bisa mengomsumsi susu tetapi harus dengan kandungan laktosa yang sangat sedikit.

Alergi susu sapi

Alergi susu sapi ini tidak hanya pengidapnya alergi terhadap laktosa saja, tetapi terhadap dengan protein yang ada di dalam susu tersebut. Sistem kekebalan tubuh yang dipunyai oleh anak ini menganggap protein yang ada di dalam susu tersebut adalah racun. Sehingga sistem kekebalan tubuh anak akan berusaha melawan protein yang terdapat di dalam susu tersebut, sehingga muncul gejala-gejala reaksi alergi.

Biasanya anak yang mengidap alergi susu sapi ini reaksinya muncul sekitar 30 sampai 45 menit setelah anak minum susu. Lihat apakah ada bintik merah dan gatal pada anak, lalu reaksi setelahnya anak akan diare sampai gangguan buang besar. Setelah Ibu melihat gejala tersebut, langsung periksakan anak ke dokter terdekat.

Intoleransi laktosa

Nah untuk intoleransi laktosa sebenarnya tidak bisa dikategorikan alergi. Intoleransi laktosa ini adalah kurangnya enzim lactase yang berada di saluran pencernaan. Jika si kecil sudah termasuk mengidap intoleransi laktosa dan tetap dipaksa untuk minum susu yang mempunyai kandungan laktosa tinggi, biasanya reaksi yang muncul adalah gangguan saluran pencernaan. Mulai dari sakit lambung, sakit perut, muntah sampai diare.

Beberapa anak atau orang dewasa yang mengidap intoleransi laktosa ini ada yang masih bisa minum susu dengan kandungan laktosa rendah, tetapi ada juga yang benar-benar menghindari minum susu.

Itulah perbedaan antara alergi susu dengan intoleransi laktosa. Semoga Ibu bisa membedakan ya, karena ini juga akan berpengaruh kepada kesehatan si kecil. Cari tahu lebih lanjut pula seputar alergi susu sapi yang di alami si kecil di Enfa A+ dengan konsultasi via WhatsApp ke nomor 08777700253. Tim ahli kami siap bantu menjawab pertanyaan Ibu seputar alergi dan penyakit yang dialami si kecil setiap hari Senin – Jumat, pukul 09.00 – 17.00 WIB.