H1

4 Langkah Sederhana Menenangkan Bayi yang Menangis Terus

H2

Saat bayi menangis terus, susah ditenangkan, mengangkat kakinya sampai ke atas perut, melengkungkan tubuhnya, mengeluarkan gas, dan memiliki perut yang kembung dan cenderung keras. Berbagai tanda ini diikuti dengan bayi yang nangis terus dan ditenangkan selama berjam-jam mulai dari 3 minggu pertama kehidupannya.

Kenali pertolongan pertama yang bisa Ibu lakukan untuk menenangkan si kecil yang mengalami kolik melalui tips berikut ini. Ingatlah bahwa setiap anak memiliki respon yang berbeda untuk merasa tenang. Coba variasikan tips ini dan cari tahu teknik yang paling sesuai untuk meredakan tangisan kolik si kecil.

Bedung tubuh si kecil
Selimuti tubuhnya dengan erat dan buat bedungan yang melingkupinya. Peluk si kecil dan ayunkan tubuhnya perlahan.

Perdengarkan suara yang menangkan
Suara keras seperti blender, TV yang terlalu keras, atau riuh jalanan mungkin membuat si kecil merasa tidak nyaman. Ini terjadi karena selama erada di janin, si kecil tidak mendengar semua hal secara langsung. Bawa ia ke tempat yang hening atau perdengarkan alunan lagu untuk membuatnya merasa lebih rileks.

Jangan berikan terlalu banyak makanan
Salah satu faktor yang membuat si kecil kolik adalah saat perutnya sakit akibat gas, lapar, atau bahkan karena merasa kekenyangan. Atur jadwal makan si kecil dengan porsi yang sedikit, dengan intensitas sering, dan berikan ia makan dengan jeda waktu dua sampai dua setengah jam setiap kali makan.

Rileksasi
Atasi kolik si kecil dengan menenangkan dan membuatnya merasa nyaman. Ibu bisa memberikan pijatan lembut di perut, kaki, dan punggung si kecil. Taruh handuk hangat di atas perutnya. Mandikan si kecil dengan air hangat dan biarkan ia menikmati percikan air. Ayunkan tubuh si kecil di dalam pelukan Ibu. Lakukan tips rileksasi ini saat si kecil sedang kolik sampai ia merasa lebih tenang sampai ia tertidur pulas.

Jangan sampai masalah pencernaan menghambat momen tumbuh kembang si kecil. Cek kesehatan saluran cerna si kecil melalui BAB-nya di http://www.enfa.co.id/articles/wikipoop. Ibu pun bisa mengetahui lebih lanjut pula seputar gangguan pencernaan yang di alami si kecil dengan melakukan konsultasi via WhatsApp ke nomor 08777700253. Tim ahli kami siap bantu menjawab pertanyaan Ibu seputar pencernaan dan tumbuh kembang si kecil setiap hari Senin – Jumat, pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Source:

http://www.enfamil.com/articles-and-videos/feeding-issues-explained/cryi...