H1

Bagaimana Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi?

H2

Semua orang memiliki gas di dalam perutnya, begitu pula dengan bayi yang sering kembung. Bayi memiliki perut peka karena sistem saluran pencernaannya yang belum matang. Bayangkan ketidaknyamanan yang dirasakan bayi saat perutnya terasa tidak nyaman dan ia belum bisa mengekspresikan keinginannya! Namun Ibu bisa bantu mengatasi perut kembung pada bayi dengan tips berikut ini.

Jika si kecil mengangkat kakinya dan menendang seperti stretching, atau melakukan posisi melengkung dengan tubuhnya, kemungkinan ia mengalami gejala perut kembung. Tanda-tanda yang sama pun terjadi pada gejala kolik. Tepuk perlahan perut si kecil dengan jemari Ibu dan rasakan jika perut si kecil terasa kosong atau berangin untuk memastikan gejala ini.

Perut kembung adalah salah satu masalah pencernaan yang banyak dialami si kecil usia 1-3 bulan pertama seiring dengan adaptasinya pada dunia di luar kandungan. Gejala ini pun banyak di alami usia 6-12 bulan karena si kecil sedang dalam masa pengenalan terhadap makanan padat dna mencoba berbagai jenis makanan untuk memenuhi kebutuhan gizinya sehari-hari.

Karena nutrisi yang diterima Ibu bepengaruh pada kandungan ASI, kembung yang dialami si kecil di masa menyusui dapat disebabkan oleh makanan Ibu. Untuk itu Ibu perlu menjaga pola makan demi nutrisi ASI yang lebih baik untuk si kecil. Hindarilah kandungan kafein, makanan yang tajam pada pencernaan, dan makanan yang dapat menyebabkan gas perut.

Mulai mengonsumsi makanan padat dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan perut kembung pada si kecil. Seperti orang dewasa, perut si kecil pun dapat bergas setelah makan beberapa jenis sayuran tertentu seperti brokoli dan kembang kol. Nutrisi buah dan sayuran memang dibutuhkan si kecil dalam masa perkembangannya, tapi coba batasi asupannya. Ingatlah juga bahwa pencernaan si kecil tenang beradaptasi jika ia mulai mengonsumsi makanan padat.

Temukan tips-tips sederhana yang dapat membantu Ibu mengatasi gejala perut kembung si kecil di sini. (link ke artikel home remedy)

Enfagrow A+ Gentle Care dengan teknologi PHP memiliki protein halus yang mudah dicerna, bantu meringankan gejala perut kembung si kecil. Juga dilengkapi dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang seperti Omega 3 dan 6, Asam Folat, Zat Besi, dan Kalsium, Enfagrow A+ Gentle Care siap bantu Ibu menjaga kesehatan saluran cerna si kecil usia 1 – 3 tahun sambil mengoptimalkan cerdasnya.

            Jangan sampai masalah pencernaan menghambat momen tumbuh kembang si kecil. Cek kesehatan saluran cerna si kecil melalui BAB-nya di http://www.enfa.co.id/articles/wikipoop. Ibu pun bisa mengetahui lebih lanjut pula seputar gangguan pencernaan yang di alami si kecil dengan melakukan konsultasi via WhatsApp ke nomor 08777700253. Tim ahli kami siap bantu menjawab pertanyaan Ibu seputar pencernaan dan tumbuh kembang si kecil setiap hari Senin – Jumat, pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Source:

http://www.enfa.co.id/articles/perut-kembung-bayi-mitos-dan-fakta

http://www.babycenter.com/0_gassy-tummy_10393850.bc