Saluran pencernaan yang lancar selalu menjadi indikasi pencernaan yang sehat. Namun ada saatnya bayi mengalami kesulitan untuk BAB. Apa penyebab sembelit pada bayi ini? Rutinitas BAB setiap anak berbeda, begitu pula dengan kecenderungan tekstur dan warna BAB-nya. Maka sebelum mencari tahu penyebab sembelit, kenali terlebih dulu seperti apa rutinitas BAB bayi sehari-hari agar Ibu bisa mendeteksi gejala gangguan pencernaannya dengan lebih baik.

Konstipasi sendiri merupakan tanda adanya kesulitan tubuh si kecil untuk mencerna makanan yang diberikan dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Frekuensi BAB si kecil berkurang dari biasanya, terutama jika si kecil belum BAB selama 3 hari atau lebih dan membuatnya merasa tidak nyaman
  • Tekstur BAB yang keras dan kering hingga sulit dikeluarkan

Dalam mendiagnosa konstipasi pada si kecil, kenali dulu rutinitas BAB si kecil. Faktanya, anak yang mengonsumsi susu formula lebih sering mengalami konstipasi daripada anak yang menerima ASI. Air susu Ibu memiliki nutrisi seimbang antara lemak dan protein, sehingga si kecil memiliki poop dengan tekstur lembut, sekalipun si kecil belum BAB selama beberapa hari.

Si kecil yang menerima ASI akan poop 3-4 kali setiap hari atau setiap sehabis makan. Sementara jika si kecil menerima susu formula atau sudah menerima makanan padat, ia akan BAB setidaknya satu kali setiap hari. Apabila si kecil minum susu formula, ada kemungkinan formula di dalam susu kurang cocok sehingga mengakibatkan konstipasi pada si kecil.

Jika si kecil mengalami konstipasi atau masalah pencernaan lainnya, berikan Enfagrow A+ Gentle Care., susu formula untuk si kecil yang berusia 1 – 3 tahun. Dengan teknologi PHP (Partially Hydrolyzed Protein) dari Belanda, Enfagrow A+ Gentle Care mengandung zat protein yang dipecah, sehingga protein menjadi lebih halus dan mudah dicerna oleh perut peka si kecil. Formula PHP akan bantu melunakkan tekstur BAB si kecil sehingga mengatasi masalah konstipasi atau BAB keras yang menyakitkan. Berikan susu dengan protein terhidrolasi bagi si kecil yang mengalami intoleransi laktosa atau mengalami kesulitan mencerna nutrisi di dalam tubuh.

Selain aman untuk perut si kecil yang peka, Enfagrow A+ Gentle Care pun dilengkapi nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang si kecil seperti Omega 3 dan 6, Asam Folat, Zat Besi, dan Kalsium. Jangan sampai masalah pencernaan menghambat momen tumbuh kembang si kecil. Untuk memudahkah Ibu memantau kesehatan saluran cerna si kecil melalui BAB-nya, kami siap membantu Ibu melalui fitur Wikipoop di sini http://www.enfa.co.id/articles/wikipoop

Ibu pun bisa memberikan pertanyaan Ibu seputar gangguan pencernaan yang di alami si kecil via WhatsApp ke nomor 08777700253. Tim ahli kami siap bantu menjawab pertanyaan Ibu seputar pencernaan dan tumbuh kembang si kecil setiap hari Senin – Jumat, pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Source:

http://www.babycenter.com/0_how-to-buy-baby-formula_1334669.bc

www.babycenter.com/0_constipation-in-babies_79.bc