Apakah perut bayi terasa keras dan kembung? Perut kembung adalah salah satu gejala pencernaan umum yang banyak dialami bayi di beberapa tahun pertama usianya. Ayo mengatasi perut kembung pada bayi dengan beberapa tips berikut ini.

Bantu si kecil bersendawa
Tanda disadari si kecil menyerap banyak udara lewat mulut saat makan mulai dari menangis, menyedot susu, mengunyah terlalu cepat dan lain sebagainya. Banyaknya angin yang ditelan si kecil akan berkumpul di dalam perut dan menjadi gas tertahan yang menyebabkan kembung. Bantu si kecil setiap habis makan untuk mengurangi kadar gas di dalam perutnya dengan mengatur tubuh si kecil dalam posisi tegak (baik didekap, digendong, maupun duduk) selama 20-30 menit sehabis makan. Hindari pula aktivitas yang terlalu aktif seperti berguling atau merangkak cepat karena tak hanya membuat perut kembung, tapi juga bisa membuatnya muntah.

Makan pelan-pelan

Baik jika si kecil mendapatkan asupan melalui susu atau makanan padat, pengaturan jadwal makan yang sesuai dapat bantu mencegah resiko perut kembung. Tidak seperti orang dewasa yang terbiasa makan tiga kali sehari, lambung si kecil yang mungil memerlukan banyak adaptasi. Atur jadwal makan si kecil dengan intensitas yang lebih sering, namun dengan porsi yang lebih sedikit. Misalnya daripada memberikan si kecil satu botol susu untuk dihabiskan dalam sekali makan, berikan ia setengah botol dengan selang waktu 1-2 jam. Biarkan si kecil merasa kenyang secukupnya, karena ia pun akan bereaksi jika ia sudah lapar dan siap menerima makanan baru.

Resiko kembung pun dapat meningkat jika si kecil minum melalui botol susu. Lubang pada dot membuat angin masuk dan terterlan saat si kecil minum. Pilihlah jenis dot yang tidak menghasilkan terlalu banyak angin saat digunakan.

Perhatikan menu makanan Ibu dan si kecil
Kebanyakan makanan yang sult dicerna memiliki kadar gas tinggi yang menyebabkan perut kembung. Perhatikan asupan yang Ibu berikan, terutama jika si kecil sudah mulai diperkenalkan pada makanan padat. Jika si kecil masih menerima ASI, maka Ibulah yang harus menjaga pola makan sehat untuk menghindari efek kembung pada si kecil. Semua makanan yang Ibu terima berpengaruh pada kandungan ASI, sehingga si kecil pun akan merasakan dampat baik dan buruk dari pola makan Ibu selama menyusui. Hindarilah makanan yang mengandung gas seperti makanan yang mengandung tepung (roti, pasta), bawang, beberapa jenis sayuran sejenis kembang kol, makanan dengan perasa manis buatan, dan soda.

Buat susu formula dengan cara yang tepat
Jika si kecil menerima susu formula bubuk, pastikan susu dan air tercampur dengan baik. Setelah mengaduknya, diamkan selama 2-3 menit sampai buih dan gelembung udara yang ada di permukaan saat dikocok itu hilang. Gelembung udara yang tertelan oleh si kecil ini akan membuat perutnya kembung.

Ajak si kecil bergerak
Rebahkan tubuh si kecil, pegang kakinya dan perlahan buatlah gerakan memutar seperti sedang bersepeda. Lakukan ini beberapa kali sehari untuk mengeluarkan gas dan meredakan ketidaknyamanan di dalam perut.

Pijat
Buat si kecil merasa lebih nyaman dengan pijatan lembut di perut, lutut, paha, dan usapan lembut di punggungnya. Ini dapat bantu mengeluarkan gas di tubuh dan juga membuatnya merasa rileks.

Posisi makan yang tepat
Saat menyusui si kecil, pastikan posisi kepalanya lebih tinggi dari perut. Jika si kecil belum mampu mengontrol tubuhnya, peluk ia dengan posisi yang memudahkan cairan untuk turun seperti memiringkan tubunnya.

Enfagrow A+ Gentle Care dengan teknologi PHP memiliki protein halus yang mudah dicerna, bantu meringankan gejala perut kembung, khusus untuk si kecil yang berusia 1 – 3 tahun. Juga dilengkapi dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang seperti Omega 3 dan 6, Asam Folat, Zat Besi, dan Kalsium, Enfagrow A+ Gentle Care siap bantu Ibu menjaga kesehatan saluran cerna si kecil sambil mengoptimalkan cerdasnya.

Jangan sampai masalah pencernaan menghambat momen tumbuh kembang si kecil. Cek kesehatan saluran cerna si kecil melalui BAB-nya di http://www.enfa.co.id/articles/wikipoop. Ibu pun bisa mengetahui lebih lanjut pula seputar gangguan pencernaan yang di alami si kecil dengan melakukan konsultasi via WhatsApp ke nomor 08777700253. Tim ahli kami siap bantu menjawab pertanyaan Ibu seputar pencernaan dan tumbuh kembang si kecil setiap hari Senin – Jumat, pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Source:

http://www.enfa.co.id/articles/tips-mengatasi-perut-kembung-bayi

http://www.parents.com/baby/care/gas/signs-newborn-has-gas/

http://www.parents.com/baby/care/gas/best-remedies-for-gas-reflux/