Enam langkah sederhana yang dianjurkan untuk mengatasi perut kembung bayi.

Gas dan si kecil tampaknya sulit untuk dipisahkan. Jangan khawatir: karena hal ini normal. Tapi jika Ibu ingin meredakan gejala yang berhubungan dengan banyaknya gas di saluran cerna si kecil, misalnya karena Ibu merasa si kecil kesakitan dan membuatnya menjadi rewel, cobalah beberapa tips praktis dari para ahli di bawah ini.

Jika Ibu menyusui, cermati makanan yang Ibu konsumsi.

Beberapa makanan dapat menyebabkan penumpukan gas pada saluran cerna si kecil:

  • Kacang-kacangan

  • Kembang kol

  • Brokoli

Cara yang tepat untuk mengetahui apakah makanan yang menjadi penyebab banyak perut kembung si kecil adalah dengan menghilangkannya dari menu makanan Ibu untuk beberapa hari dan lihat apakah keluhan perut kembung si kecil berkurang. Jika makanan merupakan pemicunya, maka sebaiknya hanya mengonsumsi makanan tersebut sesekali saja.

Campur susu formula untuk mengurangi perut kembung. Jika Ibu menggunakan susu formula bubuk, pastikan adukan segar susu tersebut tercampur dengan baik, dengan mendiamkannya selama satu atau dua menit sebelum diberikan kepada si kecil. Kenapa? Semakin banyak campurannya dikocok, semakin banyak udara dan gelembung di dalamnya yang mana ini akan ditelan oleh si kecil dan membuat perutnya kembung.

Ganti botol susu si kecil. Beberapa botol susu dirancang khusus untuk mengurangi jumlah udara yang masuk saat si kecil minum susu. Jika si kecil mengalami perut kembung, coba berikan susu dengan cara dilepas sesekali, miring atau membungkuk. Pastikan Ibu memegang kepala si kecil lebih tinggi dari tubuhnya dan berada pada posisi sekitar 45 derajat dan tuangkan susu ke arah mulutnya yang berada di bawah dengan dot yang sudah dipenuhi susu, bukan udara.

Ketahui jenis dot yang dibutuhkan si kecil. Dot memiliki beberapa jenis ukuran berbeda (diberikan berdasarkan umur si kecil) dan dapat mengontrol arus susu formula. Jadi dot untuk si kecil yang baru lahir memiliki arus yang lambat, sementara untuk si kecil yang sudah lebih besar arusnya jauh lebih cepat. Pastikan Ibu menggunakan dot yang tepat untuk si kecil sesuai usianya.

Jika si kecil sudah membutuhkan ukuran dot yang lebih besar, ia mungkin akan banyak menelan udara saat minum susu, ini meningkatkan risikonya mengalami perut kembung. Di sisi lain, jika dotnya mengalirkan susu terlalu deras, maka si kecil akan menelan terlalu banyak susu, yang mana juga bisa membuat perutnya kembung dan memicu timbulnya masalah pencernaan. Mencoba mana yang paling cocok untuk si kecil adalah salah satu cara terbaik menentukan ukuran botol dan dot yang sesuai.

Berikan posisi yang tepat untuk menghilangkan perut kembung si kecil. Posisikan si kecil tegak selama 20 sampai 30 menit setelah ia makan. Jika perut si kecil masih kembung, bersendawa dapat membantu mengeluarkan gas, yang muncul karena si kecil menelan terlalu banyak udara. Tepuk perlahan tepuk si kecil, mulai dengan bagian punggung bawah dan terus ke atas. Coba salah satu posisi sendawa yang terbaik di bawah ini:

  • Posisikan si kecil berlawanan dengan dada Ibu (tubuh si kecil menghadap ke tubuh Ibu), letakkan kepalanya di bahu Ibu. Lalu tepuk dan usap punggung si kecil.

  • Letakkan si kecil di pangkuan Ibu dan topang dada dan kepala si kecil pada satu tangan dan tepuk punggung si kecil dengan tangan yang satunya. Pastikan Ibu menahan bagian dagu si kecil, bukan lehernya.

  • Tidurkan si kecil di pangkuan Ibu, perutnya mengarah ke bawah. Topang kepala si kecil dan pastikan lebih tinggi dari dadanya. Perlahan usap dan tepuk punggungnya.

Jika tidak bisa menyendawakan si kecil dengan satu posisi, maka coba yang lainnya. Berikan handuk yang hangat (jangan panas) di perut si kecil juga dapat membantu mengurangi perut kembungnya. Ibu juga dapat menenangkan si kecil dengan cara berjalan atau berayun bersama si kecil, atau dengan cara menempatkan si kecil di ayunan atau kursi yang bergetar.

Ketahui Lebih Banyak

Untuk mendapatkan informasi dari penelitian terakhir tentang perut kembung si kecil, baca “Perut Kembung: Yang Dokter Ketahui.