Temukan fakta dan mitos tentang penyebab perut kembung bayi dan cara terbaik untuk menanganinya.

Semua bayi akan memiliki gas di dalam perutnya. Beberapa ahli percaya bahwa jumlah gas berlebih di dalam saluran cerna si kecil disebabkan karena sistem pencernaannya masih berkembang dan kemampuan makannya yang masih terbentuk. Temukan fakta lainnya yang perlu Ibu ketahui tentang gas yang ada di saluran cerna Si kecil – dan mitos apa yang sebaiknya Ibu perhatikan – untuk membantu si kecil merasa nyaman.

Sendawa bisa menjadi pilihan tepat untuk meredakan perut kembung Si kecil

Fakta. Merupakan hal yang umum bagi si kecil untuk menelan banyak udara pada saat mereka makan, baik saat ia disusui atau minum dengan botol. Saat si kecil mulai rewel, hentikan pemberian makan dan bantu si kecil bersendawa. Ia mungkin menjadi rewel karena merasa tidak nyaman dan memiliki kantung udara yang bisa dengan mudah dihilangkan dengan bersendawa.

Tidak ada cara yang salah untuk membantu si kecil bersendawa.

Mitos. Bersendawa itu mudah ketika Ibu terbiasa dengan ini, tetapi ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh Ibu dilakukan. Misalnya, Ibu harus menepuk si kecil, mulai dari bawah lalu ke bagian atas punggung. Jangan menepuk terlalu keras. Jika Ibu tidak dapat membuat si kecil bersendawa dengan satu posisi, maka coba dengan cara lain. Ada beberapa opsi yang baik:

  • Pegang si kecil berlawanan dengan dada Ibu (tubuhnya berhadapan dengan tubuh Ibu), lalu letakkan kepalanya di bahu Ibu. Lalu tepuk dan usap punggungnya.

  • Letakkan si kecil di pangkuan Ibu dan topang dada dan kepala si kecil dengan satu tangan, sementara tangan yang lain menepuk punggungnya. Pastikan Ibu menyanggah dagu si kecil, bukan lehernya.

  • Letakkan si kecil di atas pangkuan Ibu, dengan perut menghadap ke bawah. Topang kepala Si kecil dan pastikan lebih tinggi dari pada dadanya. Usap atau tepuk punggungnya secara perlahan.

Letakkan handuk hangat di perut si kecil untuk mengurangi perut kembungnya.

Fakta. Terkadang dengan meletakkan sebuah handuk hangat di atas perut si kecil dapat membantu mengurangi perut kembungnya. Pastikan handuknya tidak terlalu panas.

Suasana hati si kecil dapat membantu mencegah perut kembung.

Fakta. Jika si kecil merasa tegang saat sedang disusui, ia cenderung akan menelan lebih banyak udara ketika ia menangis dan ini artinya akan lebih banyak gelembung gas. Coba tenangkan si kecil sebelum memberinya makan dan hindari gangguan selama memberi makan si kecil.

Perut kembung si kecil bisa menjadi tanda ia sensitif terhadap susu.

Fakta. Terkadang perut kembung si kecil bisa menjadi tanda awal dari masalah kesehatannya, atau ini terjadi hanya karena sistem pencernaan si kecil masih berkembang dan menyimpan beberapa nutrisi hingga bisa dicerna dengan baik, dan menyebakan munculnya gas. Konsultasikan dengan dokter mengenai kecemasan Ibu dan bawalah si kecil untuk diperiksa.

Mengganti, botol, atau dot  si kecil terkadang dapat meringankan perut kembung.

Fakta. Beberapa jenis botol dan dot di buat secara khusus untuk si kecil yang mengalami perut kembung. Ini dapat mengurangi banyaknya udara yang terhisap si kecil di saat ia minum susu.

Ketahui Lebih Banyak

Dapatkan informasi lengkap dari hasil penelitian terkini mengenai perut kembung si kecil, dengan mengeklik Perut Kembung: Yang Dokter Ketahui.