Enam cara sederhana untuk menolong Ibu meringankan perut kembung pada si kecil dan membuatnya nyaman.

Bayi dan perut kembung merupakan dua hal yang sejalan. Hal ini normal terjadi. Namun apabila Ibu ingin meringankan gejala-gejala yang berkaitan dengan perut kembung pada si kecil misalnya, jika Ibu pikir kondisi perut kembunglah yang menyebabkan si kecil merasa kesakitan dan ia jadi rewel cobalah tips yang disarankan para ahli berikut ini.

  1. Periksa kembali asupan makanan yang dikonsumsi jika Ibu sedang dalam masa menyusui. Beberapa makanan dapat menimbulkan gas yang berlebihan pada pencernaan si kecil, seperti:

  • Kacang-kacangan

  • Kembang kol

  • Brokoli
    Cara terbaik untuk mengetahui apakah makanan yang Ibu konsumsi dapat mengakibatkan gas yang berlebihan pada si kecil adalah dengan tidak mengonsumsinya dulu untuk sementara waktu, lalu lihat apakah masalah gas pada perut si kecil menghilang. Jika benar bahwa makananlah hal yang jadi penyebab kembungnya perut si kecil, cobalah untuk mengurangi makan makanan tersebut.

  1. Pedoman membuat susu formula bayi. Apabila Ibu menggunakan susu formula bubuk, diamkan terlebih dulu susu bayi yang sudah dibuat di dalam botol selama 1-2 menit. Kenapa? Karena saat susu bayi dicampur dan dikocok di dalam botol akan terjadi gelembung-gelembung udara di dalamnya, inilah yang kemudian akan ditelan oleh si kecil dan mengakibatkan perutnya kembung.
  2. Cobalah susu formula yang mudah dicerna dibuat untuk mengatasi perut kembung pada bayi. Beberapa dokter merekomendasikan untuk mengganti susu formula sebagai cara untuk menghilangkan masalah gas pada pencernaan bayi. Kandungan protein terhidrolisis sebagian dapat mengurangi gas. Formula ini juga ringan bagi pencernaan bayi yang belum sempurna, dengan protein yang mudah dicerna dan diserap. Selain itu, susu formula bayi ini juga perlu menyediakan nutrisi lengkap dan seimbang termasuk nutrisi yang penting bagi perkembangan otak seperti DHA untuk tumbuh kembang si kecil.
  3. Ganti botol yang digunakan untuk memberi susu bayi pada si kecil.
  4. Beberapa botol secara spesifik telah didesain untuk mengurangi jumlah udara yang tertelan saat menyusui. Jika si kecil bermasalah dengan perut kembung, cobalah menyusuinya dengan cara mencurahkan, miring, atau terbalik. Pastikan untuk memegang si kecil dengan kepalanya terangkat 45 derajat dan arahkan botol susu ke dalam mulut bayi dengan dot terisi susu sepenuhnya, bukan udara.
  5. Ketahui dot yang sesuai bagi si kecil yang bermasalah dengan gas yang berlebihan. 
  6. Terdapat beragam ukuran dot (tergantung pada usia bayi) dan bermacam pengaturan aliran susu. Jadi, bagi bayi baru lahir ada dot yang aliran susunya perlahan, dan dot untuk bayi yang lebih besar aliran susunya lebih cepat. Pastikan Ibu menggunakan dot yang tepat bagi usia si kecil. 
  7. Jika usia si kecil sudah tak sesuai dengan dotnya, ia dapat menyedot banyak udara ketika ia menyusu, ini akan meningkatkan risikonya mengalami perut kembung. Pada saat yang sama, apabila dot mengalirkan susu terlalu cepat, si kecil akan menelan terlalu banyak susu yang juga dapat mengakibatkan perut kembung dan masalah pencernaan lainnya. Cobalah untuk melakukan tes uji coba untuk menentukan ukuran botol susu bayi dan dot mana yang tepat bagi si kecil.

Cara-cara untuk meringankan perut kembung pada bayi.
Biarkan si kecil dalam posisi tegak selama 20 sampai 30 menit setelah disusui. Jika perutnya tetap kembung, bersendawa dapat membantu melepaskan gas dalam perutnya. Tepuk si kecil secara perlahan, dimulai dari punggung bawah ke atas. Ibu bisa mencoba posisi bersendawa berikut ini:

  • Peluk si kecil pada dada Ibu (tubuhnya menghadap Ibu), dengan kepalanya berada pada pundak Ibu. Lalu tepuk dan usap punggungnya.
  • Biarkan si kecil duduk di atas pangkuan Ibu lalu pegang dada dan kepalanya dengan satu tangan, dan tangan lainnya menepuk punggungnya. Pastikan Ibu memegang dagu si kecil, bukan lehernya.
  • Baringkan si kecil di atas pangkuan, perutnya menghadap ke bawah. Pegang dan pastikan kepalanya lebih tinggi dari dadanya. Perlahan elus dan tepuk punggungnya.
  • Jika Ibu tak bisa membuat si kecil bersendawa dengan satu posisi, cobalah posisi lainnya. Meletakkan handuk hangat (bukan panas) di atas perutnya dapat meringankan sakit yang dialami si kecil. Ibu juga dapat mencoba menenangkan si kecil dengan menggendong dan membawanya berjalan-jalan, atau dengan meletakkan si kecil pada ayunan atau kursi getar. 

Yang Perlu Dipelajari Lebih Lanjut

Untuk penelitian terbaru mengenai perut kembung pada bayi, bacalah “Konsultasi Perut Kembung dengan Dokter”.