Kasus infeksi saluran pencernaan sering ditemui pada bayi. Diare adalah salah satu gejala umum gangguan pencernaan, apalagi bila disertai dengan muntah. Ini sering terjadi pada bayi yang berusia 6 bulan ke atas, dan kebanyakan kasus disebabkan oleh masalah kebersihan oral bayi.

Pada tahap usia ini si kecil senang mengeksplorasi berbagai benda melalui mulut, karena pada tahap ini mulut adalah indera perasa yang paling mudah digunakan si kecil untuk mengidentifikasi benda. Ini pun bisa terjadi saat ia sedang tumbuh gigi. Tumbuhnya gigi menyebabkan gabungan antara sensasi nyeri dan geli, hingga secara refleks ia akan memasukkan tangan ke dalam mulut. Dua kebiasaan ini bisa dikatakan tidak higienis karena belum tentu tangan atau mainan yang dimasukan ke dalam mulut cukup bersih. Kuman yang berpindah akan tertelan dan masuk ke dalam saluran cerna hingga menyebabkan infeksi.

Jika si kecil muntah, ada beberapa hal yang perlu dicermati: Apakah si kecil mengonsumsi makanan yang tidak biasanya ia makan? Karena selain keracunan makanan, kemungkinan lainnya adalah ini merupakan reaksi alergi makanan.

Pada umumnya, infeksi saluran pencernaan disebabkan virus atau keracunan makanan tidka membutuhkan antibiotik. Namun jika dibiarkan terlalu lama atua terlambat penanganannya, ini bisa berubah menjadi masalah yang fatal. Tak hanya menganggu slauran cerna si kecil, ini pun dapat menghambat proses tumbuh kembangnya.

Enfagrow A+ Gentle Care, susu untuk si kecil yang berusia 1 – 3 tahun, dilengkapi dengan teknologi PHP memiliki protein halus yang mudah dicerna dan bantu Ibu menjaga kesehatan saluran cerna si kecil. Selain aman untuk perut si kecil yang peka, Enfagrow A+ Gentle Care pun dilengkapi nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang si kecil seperti Omega 3 dan 6, Asam Folat, Zat Besi, dan Kalsium.

Jangan sampai masalah pencernaan menghambat momen tumbuh kembang si kecil. Cek kesehatan saluran cerna si kecil melalui BAB-nya di http://www.enfa.co.id/articles/wikipoop. Ibu pun bisa mengetahui lebih lanjut pula seputar gangguan pencernaan yang di alami si kecil dengan melakukan konsultasi via WhatsApp ke nomor 08777700253. Tim ahli kami siap bantu menjawab pertanyaan Ibu seputar pencernaan dan tumbuh kembang si kecil setiap hari Senin – Jumat, pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Source:

https://www.tanyadok.com/artikel-konsultasi/infeksi-saluran-pencernaan-p...