Setelah melahirkan bayi, Ibu harus melewati periode pascapersalinan. Untuk Ibu yang melahirkan melalui operasi sesar, wajar saja jika mengalami ketidaknyamanan di periode ini. Yuk, cari tahu kiat-kiat agar pemulihan pascaoperasi sesar berjalan lancar dan cepat.

Cara membantu pemulihan pascaoperasi sesar

 

Kehamilan dan melahirkan memicu perubahan pada tubuh Ibu. Perubahan bisa terjadi pada fisik dan juga suasana hati. Oleh sebab itu, cek hal yang sebaiknya dilakukan dan dihindari dalam masa pemulihan setelah persalinan.

Membatasi aktivitas fisik

 

Waktu pemulihan setelah melahirkan dapat bervariasi. Umumnya, Ibu harus menjaga kondisi tubuh selama beberapa minggu sebelum dapat kembali beraktivitas secara normal. Lakukan hal-hal ini untuk membantu pemulihan pascaoperasi sesar:

  • Istirahat ketika merasa lelah

  • Berjalan kaki untuk mencegah pembekuan darah dan sembelit

  • Pegang bantal di atas bekas sayatan dari operasi sesar ketika akan tertawa, batuk, atau bersin

  • Mandi secara rutin

Supaya pemulihan berlangsung cepat, hindari hal-hal berikut:

  • Mengangkat apa pun yang beratnya melebihi berat Si Kecil

  • Menggunakan tampon

  • Mandi dengan cara berendam di bathtub

  • Berhubungan seks

  • Sering naik turun tangga

Setelah beberapa saat, dokter akan memberi tahu kapan Ibu bisa kembali melakukan aktivitas yang sebelumnya perlu dihindari untuk sementara waktu.

Pola makan yang tepat

 

Pemulihan pascaoperasi sesar membutuhkan asupan nutrisi yang baik. Asupan nutrisi yang tepat juga membantu ASI memiliki kualitas nutrisi yang membantu tumbuh kembang anak. Maka dari itu, penting bagi Ibu untuk makan makanan bergizi seimbang dan bervariasi.

Kemudian, minum air putih yang cukup. Menjaga kadar cairan di tubuh juga bisa dibantu dengan mengonsumsi buah-buahan. Agar tidak mengalami sembelit, pastikan mengonsumsi makanan kaya serat yang cukup dan mengonsumsi suplemen serat jika diperlukan. Silakan diskusi dengan dokter terkait konsumsi suplemen.

Bagi Ibu yang ingin menurunkan berat badan, harap konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jangan mengubah pola makan yang bertujuan untuk menurunkan berat badan tanpa persetujuan dokter. Ketika dokter telah mengizinkan, Mayo Clinic menyarankan untuk mengonsumsi pola makan yang sehat dan rutin olahraga sebagai langkah tepat agar berat badan kembali ke angka sebelum kehamilan.

Merawat jahitan bekas sayatan

 

Jahitan bekas operasi sesar harus dirawat dengan baik. Lakukan hal-hal ini supaya bekas sayatan dapat lekas sembuh dan memudar:

  • Jaga jahitan tetap kering dan bersih

  • Membersihkan bekas sayatan dengan air secara perlahan setiap harinya

  • Mengecek jahitan dari tanda-tanda infeksi

  • Mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan jika ada

Hindari juga menggunakan produk pembersih yang dapat memperlambat penyembuhan luka selama masa pemulihan pascaoperasi sesar.

Menjaga ketenangan pikiran

 

Mempercepat pemulihan tidak hanya memperhatikan kesehatan fisik. Ibu juga wajib menjaga suasana hati agar tetap tenang. Pikiran yang tenang baik bagi tubuh dan dalam pascapersalinan, membantu produksi ASI untuk Si Kecil tetap lancar.

Oleh sebab itu, hal-hal ini juga dapat membantu pemulihan pascaoperasi sesar:

  • Meluangkan waktu untuk bermain dengan bayi supaya hubungan makin erat

  • Menghubungi tim dokter untuk arahan dan dukungan terkait kesulitan dalam menyusui

  • Bercerita dengan orang-orang yang termasuk support system Anda untuk menyingkirkan perasaan negatif di pikiran

Selain itu, Ibu tak perlu takut untuk minta tolong ketika butuh bantuan. Minta anggota keluarga untuk menjaga bayi saat Anda istirahat sejenak di siang hari. Ibu juga dapat meminta pasangan untuk mencuci pakaian yang kotor.

Ingat, istirahat yang cukup merupakan hal utama dalam membantu pemulihan pascaoperasi sesar. Hubungi dokter apabila memiliki kekhawatiran terhadap tanda atau gejala yang timbul saat pemulihan. Tanda-tanda yang sebaiknya dievaluasi oleh dokter meliputi infeksi di bekas sayatan, demam di atas 37,8°C, nyeri hebat di area perut hingga depresi.

Ayo jadi bagian dari Golden Start Club by Enfa A+ dan dapatkan peluang memperoleh berbagai hadiah menarik seperti sampel gratis, voucher eksklusif, produk promosi, konsultasi dengan pakar dan masih banyak lagi! Segera daftar dan dapatkan informasi selengkapnya melalui tautan ini

Referensi: 

- Caesarean section - Recovery. (2017, October 19). nhs.uk. Retrieved July 27, 2020, from https://www.nhs.uk/conditions/sesarean-section/recovery/

- Care after a cesarean delivery: Physical and emotional. (2020, May 28). American Pregnancy Association. Retrieved July 27, 2020, from https://americanpregnancy.org/labor-and-birth/cesarean-aftercare/

- The do's and don'ts of healing from a C-section. (2018, October 17). intermountainhealthcare.org. Retrieved July 27, 2020, from https://intermountainhealthcare.org/blogs/topics/intermountain-moms/2018/03/the-dos-and-donts-of-healing-from-a-csection/

- What to expect after a C-section. (2020, March 17). Mayo Clinic. Retrieved July 27, 2020, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/labor-and-delivery/in-depth/c-section-recovery/art-20047310