Olahraga telah terbukti dapat membantu untuk membangun daya tahan tubuh, melatih pernafasan, menghilangkan stres, serta melancarkan proses persalinan dan melahirkan. Ada beberapa olahraga yang boleh dilakukan dalam masa kehamilan seperti yoga. Namun sebelum melakukan olahraga ada baiknya Ibu untuk melakukan konsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu ya. 

Nah ternyata ada beberapa gerakan pintar yang bisa Ibu lakukan selama 5-10 menit untuk menggantikan olahraga agar tubuh Ibu tetap bugar, seperti apa saja gerakannya? berikut adalah ulasannya. 

1. Menari

Menggerakkan tubuh Ibu mengikuti alunan musik adalah salah satu latihan yang sangat bagus. Ibu bisa melakukannya di rumah bersama pasangan sambil menonton tutorial melalui DVD atau youtube. Selain bugar secara fisik, waktu berkualitas bersama pasangan akan meningkat juga bukan?

2. Berjalan lebih banyak 

Ibu bisa melakukan gerakan ini dimana saja dan kapan saja. Seperti berjalan memutari komplek rumah sambil menikmati pemandangan dan menghirup udara segar, berjalan memutari halaman rumah, ke pasar, ke supermarket dan lain lain. Ibu dapat menambah jarak tempuh dan waktu berjalan setiap harinya hingga meningkatkan kecepatan dalam berjalan. Hal ini akan membantu Ibu untuk meningkatkan stamina. 

3. Mengikuti naluri nesting yang muncul

Di periode akhir kehamilan biasanya setiap wanita hamil akan merasakan keinginan untuk membersihkan hingga mengatur rumah sedemikian rupa demi menyambut si Kecil yang akan tiba, hal inilah yang dikenal sebagai nesting. Ikutilah naluri tersebut, namun ingat untuk tidak berlebihan dan jangan sampai membuat Ibu menjadi kelelahan. 

4. Berdiri lebih banyak dibanding duduk

Gerakan pintar sederhana keempat adalah dengan melakukan berdiri lebih banyak dibandingkan duduk sepanjang hari. Misalkan Ibu bisa berdiri sambil bersih-bersih rumah atau membuat makanan, berdiri saat sedang menunggu mobil di tempat cucian dan lain sebagainya. 

Lalu hal terakhir yang harus Ibu perhatikan adalah pakaian yang Ibu kenakan. Karena semakin nyaman pakaian Ibu, maka semakin besar kemungkinan untuk Ibu agar tetap aktif sepanjang hari.