Sakit perut merupakan keluhan yang umum dirasakan anak-anak. Kondisi ini dapat membuat anak menjadi murung dan kehilangan semangat melakukan aktivitas yang mereka suka. Yuk, cari tahu penyebab dan obat rumahan untuk mengatasi sakit perut anak.

Penyebab sakit perut si Kecil

 

Ada berbagai macam pemicu sakit perut pada anak. Penumpukan gas di perut, konstipasi, porsi makan yang terlalu banyak, dan diare. Hal-hal ini yang membuat anak menjadi rewel atau mengeluh sakit perut kepada Ibu.

Gas yang berlebihan di perut dapat menyebabkan keram perut. Penyebab umumnya merupakan makanan atau minuman yang dikonsumsi, seperti cokelat dan minuman bersoda.

Kemudian, sembelit atau konstipasi juga mampu memicu sakit perut. Nyeri akibat sembelit dapat dirasakan di area pusar atau sisi kiri perut bagian bawah. Alhasil, hal ini membuat Ibu mencari obat sakit perut untuk anak.

Selanjutnya, makan dengan porsi yang terlalu banyak dan tidak dikunyah dengan baik mampu menimbulkan gangguan pencernaan. Gejala umumnya timbul seusai makan.

Keluhan lain yang umum dilaporkan adalah diare. Diare dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Bisa juga terjadi karena sensitivitas terhadap laktosa alias senyawa pada susu.

Obat rumahan untuk mengatasi sakit perut anak

 

Ketika sakit perut menyerang si Kecil, sejumlah hal-hal di bawah ini mampu mengatasi gangguan perut yang umum terjadi pada anak.

Yoghurt

 

Yoghurt mampu menyeimbangkan jumlah bakteri baik di tubuh. Ketika diare menyerang tubuh, jumlah bakteri baik dapat menurun sehingga perlu dibuat seimbang kembali. Yoghurt juga berperan membantu menetralkan isi perut yang mengalami keram akibat banyaknya gas di perut.

Jangan lupa untuk meminta anak minum yogurt tanpa menggunakan sedotan agar gas di perut tidak bertambah, Bu.

Teh kamomil

 

Kamomil atau sering disebut chamomile diklaim memiliki efek menenangkan dan antiperadangan. Minum segelas teh kamomil mampu membantu otot perut menjadi lebih rileks. Lantas, apa hubungannya perut rileks dengan sakit perut? Otot perut yang rileks mampu melemaskan perut yang menegang akibat keram.

Dengan begitu, teh kamomil dapat menjadi pilihan obat rumahan ketika anak mengeluh sakit perut.

Madu

 

Sebuah kajian berjudul Honey, Propolis, and Royal Jelly: A Comprehensive Review of Their Biological Actions and Health Benefits menyatakan kandungan dari madu mampu melapisi saluran pencernaan yang mengalami iritasi. Untuk menggunakan madu sebagai obat rumahan, Ibu dapat membuat teh hangat dengan campuran madu. Bisa juga hanya dengan meminta anak untuk menikmati satu sendok madu.

Akan tetapi, jangan memberikan madu ke si Kecil yang belum menginjak 1 tahun ya. Tujuannya agar anak terhindar dari risiko botulisme.

Kompres hangat

 

Ketika balita menangis karena sakit perut, Ibu dapat menyiapkan kompres hangat menggunakan handuk kecil. Kehangatan yang dirasakan anak dapat menyamarkan rasa sakit di perut. Hasilnya, anak menjadi lebih tenang.

Jahe

 

Masalah perut dapat diatasi dengan jahe. Lalu, bagaimana cara jahe mampu menjadi obat rumahan untuk mengatasi sakit perut anak? Kandungan pada jahe membantu membuang gas dari saluran pencernaan. Efek ini dikenal dengan nama karminatif.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Ibu tinggal mengupas kulit jahe, mengiris tipis, dan menuangkan potongan jahe ke dalam air hangat. Biarkan selama beberapa menit sebelum menyajikan air jahe untuk anak.

Harap tidak memberikan jahe ke anak berusia di bawah 2 tahun, ya.

Lemon dan min

 

Air minum dengan campuran perasan lemon dan daun min (mint) berpotensi membantu perut yang mengalami sakit akibat gas atau sembelit. Khasiat daun min dianggap mampu menenangkan perut dan membantu menghilangkan bakteri jahat. Sementara itu, lemon mampu menenangkan nyeri perut.

Pisang, nasi, saus apel, teh

 

Diare yang menyerang anak dapat membuatnya kehilangan selera makan. Akan tetapi, anak tetap harus makan dan keempat makanan ini dapat diberikan pada anak menurut dokter spesialis gastroenterologi Norman M. Panitch. Keempat ini cukup ramah di perut ketika rasa tak nyaman melanda lambung si Kecil.

Untuk saus apel, cara membuatnya cukup mudah. Cukup memilih sejumlah apel yang manis, potong, dan rebus di dalam panci.

Hal-hal di atas dapat membantu untuk meredakan sakit perut pada anak. Akan tetapi, Ibu tetap harus membawa anak ke dokter apabila sakit perut tak kunjung reda supaya kondisi si Kecil dapat dievaluasi.

Ayo jadi bagian dari Golden Start Club by Enfa A+ dan dapatkan peluang memperoleh berbagai hadiah menarik seperti sampel gratis, voucher eksklusif, produk promosi, konsultasi dengan pakar dan masih banyak lagi! Segera daftar dan dapatkan informasi selengkapnya melalui tautan ini

 

Referensi

- Abdominal pain - children under age 12. (n.d.). MedlinePlus - Health Information from the National Library of Medicine. Retrieved September 3, 2020, from https://medlineplus.gov/ency/article/007504.htm

- Applesauce: How to make applesauce, easily! (n.d.). Pick your own Farms in the U.S, Canada, Britain and other countries - Find a farm near you!. Retrieved September 3, 2020, from https://www.pickyourown.org/applesauce.htm

- Home remedies for Stomachache in children. (n.d.). Health Information for Pregnant Women, Babies and Kids. - New Kids Center. Retrieved September 3, 2020, from https://www.newkidscenter.org/Home-Remedies-for-Stomachache-in-Children.html

- Home remedies to treat your child's tummy trouble - Torrance memorial. (n.d.). Torrance Memorial Medical Center. Retrieved September 3, 2020, from https://www.torrancememorial.org/News_Center/2013/January/Home_Remedies_To_Treat_Your_Childs_Tummy_Trouble.aspx

- Nikkhah Bodagh, M., Maleki, I., & Hekmatdoost, A. (2018). Ginger in gastrointestinal disorders: A systematic review of clinical trials. Food Science & Nutrition, 7(1), 96-108. https://doi.org/10.1002/fsn3.807

- Pasupuleti, V. R., Sammugam, L., Ramesh, N., & Gan, S. H. (2017). Honey, propolis, and royal jelly: A comprehensive review of their biological actions and health benefits. Oxidative Medicine and Cellular Longevity, 2017, 1-21. https://doi.org/10.1155/2017/1259510

- Wald, A. (2018). Bile acids and bowel function: Do they play a role in constipation-associated irritable bowel syndrome? Clinical Gastroenterology and Hepatology, 16(4), 486-487. https://doi.org/10.1016/j.cgh.2017.11.021

- What causes stomach pain in kids? (2019, October 17). Scripps Health. Retrieved September 3, 2020, from https://www.scripps.org/news_items/6821-stomach-pain-in-kids-and-teens