Setelah kurang lebih sembilan bulan menjalani masa kehamilan, hari yang ditunggu-tunggu pun tiba. Namun, proses melahirkan untuk sebagian Ibu dapat menjadi sebuah hal yang menakutkan atau mencemaskan. Tak hanya untuk proses melahirkan normal, hal ini berlaku juga untuk operasi sesar. Adakah cara untuk menghilangkan rasa takut sebelum operasi sesar? Simak ulasannya berikut ini.

Mengapa rasa takut dapat muncul pada Ibu yang akan melakukan operasi sesar?

 

Sebuah artikel ilmiah yang diterbitkan tahun 2015 melaporkan bahwa 8% dari total 1789 wanita mengalami rasa takut akan proses melahirkan. Laporan tersebut dibuat berdasarkan Wijma Delivery Expectancy Questionnaire.

Artikel serupa juga menyatakan bahwa rasa takut yang dirasakan Ibu hamil ketika akan melakukan operasi sesar berhubungan dengan kesehatan mental dan rendahnya dukungan sosial. Selain itu, rasa takut juga kemungkinan besar akan muncul apabila Ibu pernah memiliki pengalaman melahirkan yang negatif.

Untuk itu, terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mempersiapkan operasi sesar dan diharapkan dapat membantu menghilangkan rasa takut.

Tips mempersiapkan operasi sesar untuk menekan rasa takut

 

Sebagian besar Ibu dan juga dokter pada umumnya menginginkan proses persalinan secara normal (vaginal birth) yang sehat. Akan tetapi, hal tersebut tidak selamanya dapat dilaksanakan akibat berbagai alasan medis.

Rasa takut atau khawatir wajar dirasakan Ibu, apalagi jika ini merupakan persalinan pertama. Untuk itu, Anda dapat melakukan beberapa persiapan sebelum operasi sesar ini untuk membantu menekan rasa takut.

Berani dan jangan takut untuk bertanya

 

Jika Anda merasakan takut karena ragu akan suatu hal, tanyakan pada dokter atau bidan. Bicarakan mengenai kendala atau hal yang Anda tidak mengerti.

Anda juga mungkin merasa marah, bingung, atau kecewa karena tidak bisa melahirkan normal sesuai dengan ekspektasi. Dokter atau bidan dapat memberikan informasi mengenai operasi sesar yang Anda butuhkan secara jelas.

Dengan begini, Anda dapat menjadi lebih tenang dan secara tidak langsung membantu meredakan rasa takut atau khawatir yang dapat memengaruhi proses operasi sesar.

Mempersiapkan kondisi mental

 

Tidak ada salahnya untuk mulai mempelajari cara untuk tetap tenang dalam menghadapi situasi yang menegangkan mulai dari sekarang. Entah itu melalui teknik pernapasan, mengikut kelas yoga, atau berkonsultasi dengan terapis.

Selain itu, musik juga dapat membantu Anda lebih tenang sebelum menjalani operasi sesar. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian tahun 2012 yang menemukan bahwa wanita yang mendengarkan musik sebelum operasi memiliki emosi yang lebih positif dan menurunkan emosi negatif.

Kesimpulannya, mendengarkan musik favorit sebelum operasi dilakukan merupakan salah satu cara atau strategi menghilangkan rasa takut dan meningkatkan fokus saat akan melahirkan dengan metode sesar.

Membuat rencana persalinan sesar

 

Dikutip dari tommys.org, salah satu cara untuk membantu mempermudah proses persalinan secara sesar adalah dengan membuat rencana persalinan.

Rencana persalinan ini berisi hal-hal yang Anda anggap penting untuk mendukung kelancaran proses sesar. Sebagai acuan, berikut beberapa hal yang dapat Anda bicarakan dengan dokter atau bidan:

  • Menentukan pendamping saat proses persalinan

  • Meminta memainkan musik favorit

  • Meminta izin untuk mendokumentasikan situasi di dalam ruangan operasi pasca operasi

  • Memastikan ruangan sunyi agar suara pertama yang didengar si kecil adalah suara Anda

  • Kontak fisik secara langsung dengan si kecil segera setelah dilahirkan

Beberapa hal tersebut merupakan langkah yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi rasa takut. Pastikan juga Anda mendapat dukungan secara moral oleh sahabat atau keluarga terdekat, terutama pasangan.

Ayo jadi bagian dari Golden Start Club by Enfa A+ dan dapatkan peluang memperoleh berbagai hadiah menarik seperti sampel gratis, voucher eksklusif, produk promosi, konsultasi dengan pakar dan masih banyak lagi! Segera daftar dan dapatkan informasi selengkapnya melalui tautan ini.

Referensi: 

- Størksen, H. T., Garthus-Niegel, S., Adams, S. S., Vangen, S., & Eberhard-Gran, M. (2015). Fear of childbirth and elective sesarean section: a population-based study. BMC Pregnancy and Childbirth, 15(1). https://doi.org/10.1186/s12884-015-0655-4

- Simon, C. (2017). How to Emotionally Prepare for a Cesarean Section | NorthShore. Retrieved July 27, 2020, from https://www.northshore.org/healthy-you/how-to-emotionally-prepare-for-a-cesarean-section/

- Kushnir, J., Friedman, A., Ehrenfeld, M., & Kushnir, T. (2012). Coping with Preoperative Anxiety in Cesarean Section: Physiological, Cognitive, and Emotional Effects of Listening to Favorite Music. Birth, 39(2), 121–127. https://doi.org/10.1111/j.1523-536x.2012.00532.x

- Tommy’s. (n.d.). How to prepare for your c-section. Retrieved July 27, 2020, from https://www.tommys.org/pregnancy-information/labour-birth/sesarean-section/how-prepare-your-c-section