Menyusui bukan hanya antara Ibu dan si Kecil. Ayah juga bisa melakukan banyak hal agar proses menyusui berjalan lancar. Misalnya saja, Ayah dapat memberi dukungan pada Ibu ketika ia sedang lelah menyusui, dengan cara memijat, menyediakan dada untuk bersandar, serta memberi semangat lewat kata-kata. Ayah juga dapat membantu menenangkan si Kecil yang rewel, dan membantu menyendawakan bayi begitu ia selesai menyusu.

Tetapi masalahnya, banyak Ayah, terutama Ayah baru, yang merasa bingung mengenai perannya tentang menyusui. Yang mereka tahu, menyusui adalah tugas Ibu karena merekalah yang memiliki ASI. 

 

Kepada para Ayah di luar sana yang masih bingung mengenai peran Anda tentang menyusui si Kecil, inilah hal-hal yang perlu Anda ketahui soal peran Ayah dalam menyusui.

1. Jadilah Ayah yang suportif

Menyusui adalah tugas yang berat. Bayangkan, kapan saja dan di mana saja si Kecil meminta, bahkan di tengah malam saat kantuk mendera, Ibu harus segera menyusuinya. Jadi, bantulah Ibu apa saja yang bisa Anda lakukan. Saat Ibu menyusui, Ayah bisa membawakan bantal, segelas air, atau hand sanitizer untuk membersihkan tangan. Dan setelah Ibu selesai menyusui, Ayah bisa menawarkan diri untuk menggendong bayi dan menyendawakannya.

2. Bonding dengan bayi berefek sama dengan menyusui

Memeluk, menggendong, dan memandikan, semua itu akan menimbulkan bonding antara Ayah dan si Kecil. Efeknya sama dengan menyusui, di mana terjadi kontak fisik antara Ibu dan si Kecil. Jadi, para Ayah sebenarnya bisa mendapat efek bonding yang sama seperti Ibu menyusui, yaitu dengan sering-sering berinteraksi bersama si Kecil ketika ia sedang tidak menyusu.

3. Izinkan Ibu beristirahat sejenak dari si Kecil

Ibu memang tak akan pernah meminta langsung pada Ayah waktu untuk beristirahat. Tapi, Ibu akan sangat berterima kasih jika sesekali Ayah mau mengambil alih tugas Ibu menjaga si Kecil sementara Ibu beristirahat atau mengerjakan urusan rumah tangga yang lain. Ayah bisa membawa si Kecil berjalan-jalan dengan stroller, sekadar berkeliling halaman rumah. Ini akan memberi kesempatan pada Ayah untuk mengenal kebiasaan-kebiasaan si Kecil yang selama ini hanya diketahui oleh Ibu.

Hal-hal yang Ayah lakukan untuk membantu Ibu menyusui, sekecil apapun, akan sangat dihargai oleh Ibu. Inilah peran orangtua yang sesungguhnya, bersama-sama berupaya memberikan yang terbaik untuk si Kecil.