Di era teknologi ini, orang menghabiskan lebih banyak waktu pada perangkat digital mereka daripada waktu berkualitas dengan teman dan keluarga - ini termasuk anak-anak. Ini dapat memengaruhi kemampuan mereka untuk berinteraksi, beradaptasi, dan bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar mereka. Banyak penelitian telah menyimpulkan bahwa perkembangan fisik, pribadi, dan sosial anak-anak akan menderita karena paparan berlebihan terhadap teknologi.

Oleh karena itu, orang tua perlu menyeimbangkan waktu bermain anak mereka dan membantu menstimulasi perkembangan sosial anak mereka, sehingga anak dapat belajar beradaptasi dengan baik pada orang lain, berbuat kebaikan, membantu orang lain, belajar berbagi sehingga dapat diterima dengan mudah oleh orang lain. Ini juga akan membantu mereka membentuk hubungan baik dengan orang lain, yang akan membuat mereka hidup bahagia dengan orang lain, bagaimana pun dunia berubah.

Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan dengan anak-anak Anda untuk mengajar mereka tentang interaksi dengan orang lain dan membantu mengembangkan keterampilan sosial:

Kegiatan yang direkomendasikan untuk anak-anak 1 tahun ke atas.

Penjelasan

Ajari anak Anda untuk mengatakan, 'terima kasih' dan 'maaf'

 “Terima kasih” dan “Maaf” adalah kata yang sangat penting untuk dipelajari anak. Orang tua perlu mengajar anak-anak mereka kapan kata-kata ini harus digunakan. Misalnya, ketika seorang anak mulai melakukan sesuatu yang tidak pantas seperti memukul atau mengambil mainan dari teman mereka, dengan lembut jelaskan kepada anak Anda apa kesalahan mereka, mengapa itu salah dan minta mereka untuk meminta maaf. Mereka juga perlu belajar mengatakan "Terima kasih" ketika mereka menerima bantuan atau kebaikan dari orang lain.

Tenangkan amarah anak Anda

Abaikan anak Anda jika mereka membuat ulah berlebihan, dan Anda tetap menjaga ketenangan. Orang tua hendaknya tidak menunjukkan bahwa mereka secara emosional kesal dan menyerah pada anak-anak mereka sebagai cara mudah untuk menyelesaikan masalah. Ini karena, anak-anak akan menganggap ini sebagai isyarat bahwa mereka bisa mendapatkan apa pun yang mereka inginkan dari orang tua mereka hanya dengan membuat ulah. Jika Anda tetap pada pendirian mereka, anak-anak akan mengerti bahwa taktik ini tidak berfungsi dan tidak akan melakukannya lagi di masa depan.

Jangan memanjakan anak Anda

Memanjakan anak Anda dapat menghalangi mereka untuk belajar dan mengelola kebutuhan mereka dengan tepat. Mereka mungkin tumbuh dan menjadi egois yang dapat menyebabkan masalah bagi mereka dan orang lain di masa depan. Orang tua harus membimbing anak-anak mereka tentang cara mengelola kebutuhan, emosi, dan harapan mereka. Misalnya, jika anak memohon ibu mereka untuk bercerita kepada mereka saat ibu sibuk memasak, ibu dapat menjelaskan kepada anak bahwa ia harus menunggu sampai setelah memasak selesai dan alasan di baliknya.

Ajari anak Anda tentang hak orang lain

Anak-anak harus diajarkan untuk menghormati hak orang lain. Misalnya, mereka harus mengetuk dan meminta izin sebelum memasuki kamar orang lain untuk menghormati privasi mereka dan untuk tidak bermain-main dengan mainan orang lain tanpa izin mereka.

Ajari anak Anda untuk berbicara dengan sopan

Anak-anak harus diajari berbicara dengan sopan sebagai bagian dari pengembangan keterampilan sosial mereka. Mereka perlu belajar untuk saling menyapa, meminta maaf atas kesalahan mereka, berterima kasih pada orang dengan sopan dan menghormati orang lain.