Ketika anak-anak dapat mengingat kegiatan atau hal-hal yang terjadi di sekitar mereka, itu akan membantu mereka untuk belajar lebih baik. Pembelajaran tersebut akan disimpan dalam memori mereka, yang dapat mereka gunakan dengan pengalaman baru mereka yang berpotensi dapat membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Saat kita tumbuh, kita belajar dan mengembangkan berbagai keterampilan. Memori yang baik diperlukan bagi anak untuk mengingat berbagai keterampilan yang telah mereka pelajari dan menerapkan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Ini akan membantu mereka menuju kesuksesan di masa depan.

Anak-anak usia prasekolah mulai mengenali hal-hal dasar yang mereka pelajari seperti warna, angka, dan huruf karena ingatan ini tersimpan dalam pikiran mereka. Seiring waktu berlalu dan informasi disampaikan kepada mereka berulang kali, informasi yang disimpan dalam memori jangka pendek mereka akan beralih dan direkam sebagai memori jangka panjang. Setelah itu, mereka akan dapat mengekstraksi semua informasi ini dari ingatan mereka untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Misalnya, ketika Anda menunjuk pada warna hijau, anak-anak harus dapat menjawabnya segera tanpa ragu-ragu. Semakin banyak mereka belajar, anak-anak akan segera dapat belajar untuk mengingat informasi berguna yang bermanfaat untuk masa depan, seperti, nama mereka sendiri, seperti apa penampilan orang tua mereka, mainan dan makanan favorit mereka, dll. Informasi lain, seperti seragam guru mereka 3 hari yang lalu, makanan yang dimakan 2 hari yang lalu dapat hilang dari ingatan mereka.

Anak-anak harus belajar mengidentifikasi informasi yang perlu diingat dan disimpan dalam memori mereka. Karena itu, ketika kita ingin anak kita belajar dan mengingat hal-hal tertentu, kita harus memastikan bahwa mereka memperhatikan dan memahami mengapa penting bagi mereka untuk belajar dan mengingat hal-hal ini.

Selain itu, ingatan dibangun di otak ketika sesuatu sedang dilakukan berulang kali. Karena itu, jika kita ingin membuat anak-anak mengingat hal-hal tertentu, pengulangan membantu mereka untuk mengingat. Ini bisa diterapkan ketika kita mengajari mereka kata baru. Ketika anak-anak mendengarkan kata itu, otak mereka akan mengingat dan menggunakan kata itu sebagai bagian dari komunikasi mereka di masa depan.

Berikut adalah beberapa kegiatan yang disarankan yang dapat Anda lakukan bersama anak-anak Anda untuk membantu mereka mengembangkan daya ingat yang lebih baik:

Kegiatan yang direkomendasikan untuk anak-anak 1 tahun ke atas.

Penjelasan

Ciptakan hal rutin

Orang tua dapat mengatur tugas yang harus dilakukan anak-anak mereka dalam rutinitas harian mereka - mulai dari saat anak-anak bangun hingga saat mereka tidur. Ini akan membantu anak-anak untuk mengingat hal-hal yang perlu mereka lakukan setiap hari seperti, membereskan tempat tidur sendiri, tidur, mencuci muka, menyikat gigi, makan, dll.

Ajari mereka untuk menyimpan mainan mereka

Orang tua sering mengharapkan anak-anak mereka untuk menyimpan mainan sendiri setelah bermain dengan mereka. Tetapi ini tidak terjadi dengan sendirinya. Orang tua harus mempraktikkan kebiasaan ini dengan anak-anak mereka sejak muda dengan menjadikannya menyenangkan dan mudah diikuti oleh mereka. Misalnya, orang tua dapat memberi tahu anak-anak untuk mengingat ruang penyimpanan mainan yang ditentukan. Orang tua juga dapat menempelkan gambar mainan pada laci khusus untuk membantu mereka dalam proses ini. Ini akan membantu anak-anak untuk mengingat dan mengikuti apa yang diperintahkan kepada mereka untuk dilakukan. Ketika anak-anak telah menjaga semuanya dengan benar, orang tua dapat memuji atau menghadiahi mereka sesekali untuk memotivasi mereka dalam menjaga kebiasaan ini.

Pelatihan memori melalui foto

Permainan ini meningkatkan pengembangan memori dan bahasa. Orang tua dapat menunjukkan serangkaian foto binatang seperti kucing, kuda, burung dan anjing sambil memperkenalkan mereka dengan suara atau tindakan yang dibuat oleh masing-masing hewan. Anda kemudian dapat menanyai anak-anak tentang binatang dan melihat apakah mereka dapat mengingat binatang mana yang dapat 'menggonggong' dan yang mana yang 'terbang'. Anak-anak akan mengambil informasi yang disimpan di otak mereka untuk menjawab pertanyaan yang diajukan.

Mainkan game objek tersembunyi

Siapkan 3 cangkir berwarna solid dan mainan kecil yang bisa disembunyikan di bawah cangkir. Kemudian, tutup menggunakan salah satu cangkir berwarna solid. Lanjutkan untuk beralih di sekitar cangkir. Setelah itu, mintalah anak-anak menebak gelas mana yang disembunyikan di bawah mainan itu. Dalam permainan ini, anak-anak Anda akan belajar keterampilan observasi, keterampilan analitis, serta keterampilan memori untuk membantu mereka menentukan di mana mainan itu berada.

Tingkatkan daya ingat mereka dengan bernyanyi

Kebanyakan anak akan menikmati dan bersenang-senang ketika ada musik dan ritme. Karenanya, mereka akan dapat mengingat hal-hal yang lebih baik ketika Anda membuatnya menyenangkan bagi mereka. Misalnya, Anda dapat memilih lagu dan menyanyikannya bersama anak-anak Anda untuk melatih ingatan mereka. Sangat penting untuk memilih lagu yang dinikmati anak-anak. Anda bahkan dapat membantu menstimulasi ingatan mereka dengan meninggalkan beberapa lirik untuk mereka selesaikan.