Sangat mungkin bahwa anak-anak yang kreatif adalah anak cerdas dan sukses di masa depan. Karena anak-anak dengan kreativitas akan memiliki ide yang unik, memiliki rasa ingin tahu seperti mengajukan pertanyaan dan menemukan jawaban pada semua hal. Berani berpikir dan mencoba dan tidak terbatas pada kerangka asli atau hal-hal biasa. Anak-anak dengan kemampuan ini dapat menangani banyak informasi dan dapat menjadi berbeda atau menonjol dari yang lain.

Kegiatan yang direkomendasikan untuk anak-anak 1 tahun ke atas.

Penjelasan

Biarkan anak-anak membantu diri mereka sendiri dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Memberi anak-anak untuk membantu diri mereka sendiri adalah kesempatan bagi anak-anak untuk menggunakan kreativitas mereka untuk mengelola hal-hal yang harus mereka lakukan. Mereka dapat menghasilkan cara baru, yang berbeda dari pada umumnya, misalnya, anak dapat memakai atau melepas kemeja dengan cara yang berbeda, menyikat gigi dalam urutan yang berbeda dari orang tua, dll. Selama anak-anak Anda tidak melanggar aturan masyarakat, Anda perlu membiarkan anak-anak Anda mencoba melakukannya.

Membacakan buku cerita, dan meminta komentar anak Anda

Ceritakan kisah, buat gambar, dan bacakan buku untuk pada anak-anak Anda. Dan tanyalah pendapat anak-anak Anda ...Misalnya “Jika kamu menemukan serigala bertopi merah kecil, apa yang akan Anda lakukan? Atau berikan anak Anda kesempatan untuk menulis cerita.

     Pertanyaan terbuka

Ketika Anda mulai berbicara dan berkomunikasi cobalah untuk mengajukan pertanyaan terbuka kepada anak-anak untuk dijawab, seperti "Apa yang Anda lihat?" "Bagaimana perasaanmu?" Untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mencoba dan berpikir. Latih kreativitas dengan mengundang anak-anak untuk mengeksplorasi berbagai hal di sekitar mereka dan menanyakan apa yang mereka lihat sebagai minat anak-anak, seperti apa warna daunnya, apa aroma bunga, wewangian, dll.

Pertanyaan “Jika…?” melatih berpikir out of the box

Berbicara atau membaca buku dengan anak-anak adalah kesempatan yang baik untuk mengajukan pertanyaan kepada anak untuk terus berpikir. Dengan menggunakan pertanyaan terbuka atau pertanyaan yang dimulai dengan "jika ...." yang memiliki berbagai macam jawaban. Tidak ada yang salah - benar, hal ini membutuhkan pemikiran analitis atau imajinasi anak-anak, sehingga otak anak akan bekerja. Misalnya, "Jika mobil ayah rusak, tidak bisa berlari, bagaimana kita bisa pergi ke jalan itu? Apa yang harus kita lakukan?” dll.

Hindari kata “Jangan” “Dilarang”

Beri kesempatan bagi anak-anak untuk bebas memikirkan berbagai hal, mencoba melakukan hal-hal secara mandiri, tanpa berada dalam kerangka yang dulu pernah dilihat sebelumnya, tanpa mengganggu pemikiran anak-anak dengan kata-kata “Jangan" dan "Dilarang". (kecuali hal itu berbahaya dan bertentangan dengan aturan) akan membuat permainan menjadi ide yang menyenangkan, menantang, dan kreatif.

Buat musik dari peralatan dapur

Anak-anak suka mengetuk dan suka memukul? Cobalah memberi anak-anak Anda alat musik dari peralatan dapur seperti pot, panci, sendok, dll. Lihat bagaimana anak-anak menggunakan kreativitas mereka untuk menggunakan hal-hal ini. Anak Anda mungkin berpikir tentang sendok yang mengetuk panci. Atau ambilah gelas-gelas yang diisi dengan jumlah air yang berbeda untuk menghasilkan nada suara yang berbeda, dll.

Memiliki mainan sendiri

Ajaklah anak-anak anda untuk membuat mainan dari hal-hal di dekat mereka, seperti membuat robot, membangun rumah dari kotak kertas, buat bola dari botol plastik dengan pasir (atau bereksperimen dengan memasukkan benda lain, seperti kacang dengan berbagai ukuran untuk mengetahui suara berbeda yang dihasilkan botol).

Berimajinasi dengan bayangan

Ibu dapat mengajak anak-anak menggunakan tangan untuk membuat bayangan dalam berbagai bentuk, seperti anjing, bebek, burung, dll. Biarkan anak-anak memperhatikannya, mengikuti dan menciptakan bayangannya sendiri, dan biarkan dia menceritakan kisah dari bayang-bayang itu.