Konsentrasi adalah kemampuan untuk mengarahkan perhatian seseorang sesuai dengan kehendak seseorang. Ini adalah proses mental memfokuskan pikiran Anda pada satu pemikiran atau tugas.

Mengapa perhatian penting dalam pembelajaran anak menuju kesuksesan di masa depan?

Anak-anak dengan konsentrasi yang baik biasanya dapat fokus untuk menyelesaikan tugas yang ditugaskan kepada mereka. Misalnya, mereka dapat bermain dengan satu hal pada satu waktu sebelum bermain dengan mainan lain atau fokus menyelesaikan pekerjaan rumah mereka sebelum melakukan hal-hal lain.

Dalam gaya hidup serba cepat saat ini, anak-anak cenderung terganggu oleh lingkungan sekitar mereka yang dapat mengurangi konsentrasi dan menciptakan hambatan dalam pembelajaran yang lebih baik untuk anak Anda. Oleh karena itu, orang tua harus menanamkan keterampilan perhatian yang baik pada anak mereka sejak muda.

Anak-anak yang terlatih dengan baik dalam merencanakan dan mengelola tugas mereka sendiri akan lebih disiplin dan bertanggung jawab di masa depan. Mereka harus dapat fokus dan mengidentifikasi waktu yang mereka butuhkan untuk belajar, bermain dan beristirahat.

 

 

Berikut adalah beberapa kegiatan yang disarankan yang dapat Anda lakukan bersama anak-anak Anda untuk membantu mengembangkan keterampilan perhatian mereka:

Kegiatan yang direkomendasikan untuk anak-anak 1 tahun ke atas.

Penjelasan

Atur anak Anda melalui tugas sehari-hari

Tetapkan tugas yang sesuai dengan usia anak Anda untuk mengembangkan keterampilan perhatian mereka dalam menyelesaikan tugas. Dalam hal ini, Anda dapat memberi mereka tugas untuk makan sendiri, mengenakan pakaian mereka sendiri, menjaga mainan mereka sendiri dll. Setelah mereka menyelesaikan tugas, pujilah mereka untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik. Jika mereka tidak berhasil menyelesaikan tugas dengan benar, berikan semangat dan perhatikan sampai selesai atau bantu mereka menyelesaikan tugas.

Konstruksi blok bangunan

Anak Anda dapat meningkatkan perhatian dan fokusnya ketika bermain dengan balok penyusun karena mereka perlu memastikan bahwa balok penyusun ditumpuk dengan benar dan tidak jatuh. Pujilah anak Anda ketika dia melakukan pekerjaan dengan baik dan berikan semangat ketika ia menghadapi kesulitan saat bermain.

Ciptakan suasana damai di rumah

Lingkungan yang damai dapat membantu anak untuk membangun konsentrasi yang lebih baik dibandingkan dengan rumah yang bising.

Matikan televisi, komputer, dan smartphone

Televisi, komputer, dan smartphone adalah gangguan bagi anak Anda ketika Anda mencoba membuatnya fokus. Beberapa orang tua keliru jika anak-anak mampu berkonsentrasi dengan duduk dan menatap TV, komputer, smartphone untuk waktu yang lama. Namun, yang tidak mereka ketahui adalah bahwa sebenarnya anak terpikat oleh warna dan gambar yang bergerak sangat cepat yang ditunjukkan pada perangkat, sehingga mengurangi rentang perhatian mereka.

Mainkan satu per satu

Orang tua sebaiknya tidak membiarkan anak mereka bermain dengan terlalu banyak hal pada suatu waktu karena anak mungkin terlalu bersemangat dan mudah terganggu. Anak itu mungkin tidak bisa memperhatikan dengan baik atau menghargai mainan itu dan mendapat pelajaran darinya. Sebaliknya, mereka tidak sabar untuk bermain dengan mainan lain karena ada begitu banyak pilihan.

Teka-teki gambar

Teka-teki gambar memungkinkan anak Anda belajar bagaimana fokus ketika menyatukan potongan-potongan, mengamati, dan memperhatikan detail gambar untuk mencari tahu potongan yang cocok. Biarkan mereka melihat keseluruhan gambar teka-teki dan amati detail gambar untuk mengidentifikasi kombinasi pola, warna, dan bentuk. Ini akan membantu memperkuat perhatian mereka serta membantu anak dalam menggunakan informasi yang tersedia terkait dengan gambar untuk menyatukan teka-teki gambar dengan sukses.