Kamar si Kecil menjadi tempat utama untuknya karena ia akan lebih sering berada di kamar. Tentunya kebersihan kamar perlu dijaga karena kebersihan menjadi salah satu syarat untuk kesehatannya. Bagaimana tidak? Apabila suatu kamar tidak bersih, akan mudah menjadi tempat untuk bakteri dan kuman berkembang sehingga menjadi penyebab penyakit.

Yuk, simak 6 tips menjaga kebersihan kamar si Kecil berikut.

 

1. Jadikan cuci tangan sebagai rutinitas utama

Mencuci tangan menjadi langkah awal dalam membasmi kuman penyebab penyakit. Biasakan cuci tangan di rumah, seperti saat sebelum makan atau menyiapkan makanan, setelah menggunakan kamar mandi atau berganti popok,setelah keluar rumah atau berpergian, setelah bermain atau merawat hewan peliharaan, setelah merawat seseorang yang sakit dan sebagainya. Pastikan cuci tangan dengan sabun dan air bersih. Setelah itu keringkan dengan handuk bersih. Ibu juga bisa memulai mengajarkan si Kecil cuci tangan.

2. Batasi jumlah barang yang ada di kamar si Kecil

Cegah banyak debu atau kuman yang menempel di permukaan benda dengan hanya menaruh barang yang diperlukan. Ibu juga akan lebih mudah dan cepat membersihkannya.

3. Pastikan Ibu dan si Kecil sudah dalam keadaan bersih saat tidur

Karena tempat tidur adalah tempat yang paling nyaman untuk beristirahat, pastikan tempat tidur di kamar dalam keadaan bersih. Cuci seprai dan kain perlak seminggu sekali dengan air hangat atau panas, serta tidak menaiki kasur tanpa mengganti baju apabila dari luar rumah.

4. Cegah hewan peliharaan masuk ke kamar si Kecil

Apabila Ibu memiliki hewan peliharaan, siapkan tempat tidurnya dan cegah hewan peliharaan masuk ke kamar bahkan tidur di tempat yang sama karena bulu-bulunya dapat menjadi tempat tinggal kuman, alergen atau kutu.

5. Gunakan alat penyedot debu

Rutin membersihkan karpet, kasur, bantal dan guling dengan alat penyedot debu. Alat penyedot debu dengan filtrasi HEPA bisa dipertimbangkan.

6. Rutin bersihkan jendela, rak, lemari dan tempat tidur

Gunakan lap basah dan sabun pembersih untuk membersihkan setiap furnitur di kamar si Kecil seminggu sekali.

Segera daftar Golden Start Club by Enfa A+ dan dapatkan informasi selengkapnya melalui tautan ini

 

Sumber: