Saat berpergian dengan si Kecil, Ibu tentunya membawa tas popok untuk menampung berbagai keperluan si Kecil. Terkadang demi kebutuhannya tetap terjaga, semua barang yang ada di kamarnya pun akan Ibu bawa. Membawa perlengkapan si Kecil memanglah penting, tetapi Ibu perlu memilih supaya sesuai kebutuhan dan tas tidak penuh dengan perlengkapan yang akhirnya tidak digunakan. Saat Ibu bingung apa saja yang perlu dibawa, ingatlah empat hal ini:

  • Usia si Kecil
  • Berapa lama akan berada di luar  
  • Kemana akan pergi
  • Keadaan si Kecil saat hendak pergi, apakah sedang rewel atau tidak

Untuk lebih memudahkan Ibu menentukan perlengkapannya, berikut daftar perlengkapan yang wajib ada di dalam tas popok si Kecil:

 

1. Baju ekstra untuk si Kecil

Saat berpergian, ada kemungkinan si Kecil kegerahan atau kedinginan, bermain air dan sebagainya, maka Ibu selalu memerlukan baju ganti untuknya.

2. Popok

Pastikan Ibu selalu membawa popok untuk ganti maupun persediaan.

3. Kain gendong

Ada kalanya si Kecil ingin digendong Ibu dan tidak ingin berbaring di stroller-nya. Maka kain untuk menggendong si Kecil sangat diperlukan.

4. Tisu basah dan tisu kering

Tisu sangat membantu saat Ibu mengganti popoknya dan juga untuk keperluan lainnya.

5. Alas tidur dan selimut

Apabila Ibu pergi ke rumah kerabat atau keluarga, Ibu bisa dengan mudah meletakkan si Kecil karena ia bisa nyaman dengan alas tidur dan selimutnya.

6. Breast Pad

Atasi ASI yang merembes dengan menyelipkan breast pad di dalam bra Ibu supaya baju Ibu tetap aman dan tidak basah.

7. Kain penutup untuk menyusui

Tenang saat menyusui dimanapun karena Ibu tidak lupa membawa kain menyusui atau nursing cover.

8. Mainan atau teether

Mainan bisa membantu Ibu mengalihkan perhatian si Kecil sehingga ia tidak bosan. Ibu juga bisa sekaligus menggunakan teether sebagai mainan si Kecil.

9. Camilan

Perjalanan yang tak terduga dan kemacetan yang mungkin terjadi dapat menyebabkan perjalanan menjadi molor. Maka pastikan Ibu sedia camilan untuk si Kecil saat ia lapar. Menggigit camilannya juga bisa membantu mengalihkan perhatiannya saat si Kecil bosan.

10. Pelembab, sunscreen dan sabun

Gunakan kemasan dan tas kecil khusus berpergian untuk melindungi kulitnya yang masih sensitif.

11. Perlengkapan pertolongan pertama

 Ibu disarankan untuk sedia perban dan obat-obatan lainnya untuk berjaga-jaga.

 

Segera daftar Golden Start Club by Enfa A+ dan dapatkan informasi selengkapnya melalui tautan ini

 

Sumber:

Brosseau, Jane. 2020. Babycenter – Checklist: What to put in your diaper bag. Retrieved March, 11 2020 from https://www.babycenter.com/baby-products/diapering-essentials/checklist-what-to-put-in-your-diaper-bag_40007214

Chen, Joanne. 2019. The BUMP – Diaper Bag Checklist: What to Pack in a Diaper Bag. Retrieved October, 20 2020 from https://www.thebump.com/a/how-to-pack-your-diaper-bag

Thomson, Alicia Cox. 2020. What to expect – Your Diaper Bag Checklist: What to Pack in a Diaper Bag. Retrieved October, 20 2020 from https://www.whattoexpect.com/baby-products/diapering-potty/what-to-pack-in-diaper-bag/